Senin, 04 Maret 2013

Sejarah Muhammadiyah


Sejarah berdirinya Muhammadiyah tidak terlepas dari perkembangan islam, baik tingkat nasional maupun internasional. Dalam sejarah, kebangkitan islam sudah dimulai jauh sebelum abad ke-19, seperti yang dilakukan di Syiria oleh Taqiyuddin Abul Abbas ibnu Taimiyah (1263-1338) dan ibnul Qoyyim al-jauziyah (1292-1350), di Hijaz oleh syehk Muhammad bin abdul wahhab (1703-1787), di India oleh Sir Sayid Akhmad Khan (1817-1898) dan Muhammad Iqbal (1874-1938), sedangkan di Negara-negara Timur Tengah oleh Jamaluddin al-Afghony (1838-1897) dan Syeh Muhammad Rasyid Ridha (1856-1935), serta penggerak pembaharuan Islam lain di berbagai belahan dunia.
Pada tahun (1849-1905), di Mesir gerakan pembaharuan ini dilakukan oleh Muhammad Abduh, gerakan yang dilakukannya lebih menekankan pemikiran dan penafsiran untuk kembali ke aqidah Islam secara murni. Sebagai tokoh modernis, Abduh menganjurkan penggunaan pemikiran modern dalam mengkaji masalah agama, sehingga nilai-nilai yang terkandung bisa actual. Menurutnya, dengan pendekatan itu kebenaran Islam dapat diungkap sesuai dengan tuntutan zaman. Dasar pemikiran inilah yang mendorong Abduh untuk menerapkan Ijtihad dalam memecahkan persoalan agama. Menurut Abduh, Ijtihad boleh dilakukan dengan syarat hasilnya baik untuk masanya atau masa sesudah Ijtihad dilakukan.
Pemikiran Abduh ini, akhrna diteruskan oleh muridnya yang bernama Syeh Rsyid Ridha (1856-1935). Beliau kemudian menerbitkan tafsir Al-quran yang dinamai Al-Manar yang tersebar luas mulai Maroko sampai ke Indonesia.
Sebelum Islam masuk Indonesia, telah ada kepercayaan Animisme dan Dinamisme yang mengakar dan diperkuat oleh masuknya ajaran Hinda dan Budha. Sedangkan agama Islam, baru masuk ke Indonesia mulai abad ke-7 Masehi atau Abad pertama Hijriyah yang di bawa langsung dari Arab semasa Khalifah Umar ibn khattab melalui saudagar dari Gujarat, Hadramaut, dan arab.
Agama Islam cepat tersebar ke negeri kita, karena beberrapa factor, yaitu:
1.      Islam adalah agama dakwah, yakni agama yang mengharuskan tiap-tiap umatnya mendakwahkan agama, bukan kewajiban kyai, ulama, atau ustadz saja.
2.      Islam masuk secara damai, tanpa pertumpahan darah.
3.      Penampilan yang simpatik dari orang pembawa Islam, lebih membuat orang lain cepat menerima.
4.      Kondisi rakyat yang sejak lama menderita karena perbedaan kasta dalam ajaran Hindu dan Budha, sedangkan Islam membawa kesetaraan derajat.
5.      Para mubaligh mahir dan bijaksana dalam berdakwah, mereka berdakwak dengan ccara hikmah (baik).
6.      Runtuhnya kerajaan-kerajaan Hindu-Budha akibat ketidakmampuan mengendalikan Negara, dan di susul masuknya Islam ke dalam istana.
7.      Islam adalah agama yang sesuai dengan fitra manusia.
Namun karena pengaruh kuatnya ajaran Hindu-budha yang telah mengakar pada tubuh nenek moyang, maka umat Islam tidak utuh dalam mempelajari ajaran Islam. Masih banyak sinkretisme (pencacmpuran) antara Hindu-Budha dan ajaran Islam, akibatnya muncul tahayul, bid’ah, khurafat dan sebagian sampai sekarang masih marak dalam masyarakat.
Melihat dari kondisi tersebut, pemikiran Muhammad Abduh, mulai diterima oleh tokoh agama Islam di Indonesia. K. H. Ahmad Dahlan bersama dengan beberapa teman yang berjiwa pembaharu menerapkan pemikiran Muhammad Abduh secara intens, agar umat Islam di negeri ini kembali pada ajaran Al-quran dan As-sunah (Al-Hadits).
Setelah melakukan kajian dan perenungan secara mendalam atas ayat-ayat Al-Quran dan Hadist, maka K. H. Ahmad Dahlan mendirikan gerakan Muhammadiyah yang berkedudukan di Yogyakarta pada tanggal 8 Dzulhijah 1330 H (18 Nocvember 1912). Muhammadiyah pada waktu itu langsung berada di bawah kendali K. H. Ahmad Dahlan. Gerakan Islam ini, melaksanakan ajaran Islam secacra murni yang bersumber dar Al-Quran dan Al-Hadits.
Gerakan ini mendapat pada awalnya mendapat dukungan dari Abdullah sirat, H. Ahmad, H. Abdurrahman, R. H. Sarkawi, R. H. Jaelani, H. Muhammad, H. anies, H. M. pakih serta beberapa tokoh Islam lainnya. Dari kelompok kecil inilah, pemikiran pembaharu Islam berkembang pesat dan besar sampai sekarang.
Gerakan Muhammadiyah dilakukan melalui kegiatan keagamaan dan social, di antaranya pendidikan, kesehatan, santunan social, dan sebagainya. Pada periode ini, gerakan pembaharuan di lakukan melalui pendekatan rasional dan mengedepankan kemurnian ajaran Islam. ( di ambil dari materi pendidikan KEMUHAMMADIYAHAN untuk SMA/SMK/MA kelas 11 dengan sedikit perubahan).

1 komentar:

  1. pokoke MUHAMMADIYAH hasil didikannya ga isin-2 justru membanggakan...yg .ga mau tahu dan g kenal rugiiii

    BalasHapus